Tema 6 kelas 2 SD/MI membahas tentang "Merawat Hewan dan Tumbuhan". Subtema 3 secara khusus berfokus pada "Tumbuhan di Sekitarku". Subtema ini mengenalkan siswa pada berbagai jenis tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar mereka, cara merawatnya, manfaatnya bagi kehidupan, serta bagaimana tumbuhan berinteraksi dengan lingkungan.
Berikut adalah contoh soal tematik kelas 2 tema 6 subtema 3 yang dirancang untuk menguji pemahaman siswa tentang materi yang telah dipelajari. Soal-soal ini mencakup berbagai aspek seperti pengetahuan faktual, pemahaman konsep, aplikasi, dan penalaran.
A. Pilihan Ganda
-
Manakah di bawah ini yang merupakan contoh tumbuhan sayuran?
a. Mawar
b. Melati
c. Bayam
d. Anggrek -
Bagian tumbuhan yang berfungsi menyerap air dan zat hara dari dalam tanah adalah…
a. Daun
b. Batang
c. Akar
d. Bunga -
Apa manfaat tumbuhan bagi manusia?
a. Menghasilkan oksigen
b. Menyebabkan banjir
c. Mencemari udara
d. Merusak tanah -
Bagaimana cara merawat tanaman yang benar?
a. Dibiarkan saja tanpa perawatan
b. Diberi pupuk setiap hari
c. Disiram secara teratur dan diberi pupuk secukupnya
d. Dipindahkan setiap hari ke tempat yang berbeda -
Tumbuhan membutuhkan … untuk membuat makanannya sendiri melalui proses fotosintesis.
a. Hanya air
b. Hanya pupuk
c. Air, cahaya matahari, dan karbon dioksida
d. Hanya karbon dioksida -
Tanaman kaktus dapat bertahan hidup di daerah kering karena…
a. Memiliki daun yang lebar
b. Memiliki akar yang pendek
c. Memiliki batang yang tebal untuk menyimpan air
d. Membutuhkan banyak air -
Kegiatan berikut yang dapat merusak tumbuhan adalah…
a. Menyiram tanaman setiap hari
b. Memberi pupuk secara teratur
c. Menebang pohon secara liar
d. Menanam pohon di halaman rumah -
Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan biji adalah…
a. Pohon pisang
b. Pohon mangga
c. Pohon bambu
d. Rumput -
Tumbuhan berikut yang dapat digunakan sebagai obat adalah…
a. Mawar
b. Melati
c. Kunyit
d. Anggrek -
Apa yang akan terjadi jika tidak ada tumbuhan di bumi?
a. Udara menjadi lebih bersih
b. Bumi menjadi lebih indah
c. Hewan dan manusia kekurangan oksigen
d. Tidak ada perubahan

B. Isian Singkat
- Proses pembuatan makanan pada tumbuhan disebut _____.
- Tumbuhan yang digunakan untuk menghias ruangan disebut tanaman _____.
- Bagian tumbuhan yang paling indah dan menghasilkan biji adalah _____.
- Pupuk digunakan untuk menyuburkan _____.
- Tumbuhan yang membutuhkan sedikit air untuk hidup adalah _____.
- Kita sebaiknya _____ tanaman yang ada di sekitar kita.
- Contoh tumbuhan yang dapat dimakan daunnya adalah _____.
- Selain sebagai hiasan, tumbuhan juga dapat memberikan _____ ke lingkungan.
- Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas adalah _____.
- Tumbuhan membantu mencegah terjadinya _____ karena akarnya menahan tanah.
C. Menjodohkan
Pasangkan pernyataan di kolom A dengan jawaban yang tepat di kolom B.
Kolom A | Kolom B |
---|---|
1. Menyiram tanaman | a. Sumber makanan bagi manusia |
2. Tumbuhan sayuran | b. Agar tanaman tumbuh subur |
3. Daun | c. Bagian tumbuhan yang berfotosintesis |
4. Pupuk | d. Agar tanaman tidak kekeringan |
5. Menebang pohon sembarangan | e. Dapat menyebabkan banjir dan erosi |
D. Uraian
- Sebutkan 3 manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia!
- Jelaskan bagaimana cara merawat tanaman di pot dengan benar!
- Mengapa tumbuhan penting bagi lingkungan? Jelaskan!
- Berikan contoh 3 jenis tumbuhan yang ada di sekitar rumahmu dan sebutkan manfaatnya masing-masing!
- Apa yang akan kamu lakukan jika melihat temanmu merusak tanaman? Jelaskan!
Kunci Jawaban
A. Pilihan Ganda
- c. Bayam
- c. Akar
- a. Menghasilkan oksigen
- c. Disiram secara teratur dan diberi pupuk secukupnya
- c. Air, cahaya matahari, dan karbon dioksida
- c. Memiliki batang yang tebal untuk menyimpan air
- c. Menebang pohon secara liar
- b. Pohon mangga
- c. Kunyit
- c. Hewan dan manusia kekurangan oksigen
B. Isian Singkat
- Fotosintesis
- Hias
- Bunga
- Tanah
- Kaktus
- Merawat
- Bayam/Kangkung/Sawi (sebutkan salah satu)
- Kesejukan/Keindahan (sebutkan salah satu)
- Pohon pisang/Bambu (sebutkan salah satu)
- Banjir/Erosi (sebutkan salah satu)
C. Menjodohkan
- d
- a
- c
- b
- e
D. Uraian
-
Manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia:
- Menghasilkan oksigen yang kita hirup.
- Sebagai sumber makanan (sayuran, buah-buahan, biji-bijian).
- Sebagai bahan baku pakaian (kapas).
- Sebagai bahan bangunan (kayu).
- Sebagai obat-obatan.
- Memberikan keindahan dan kesejukan lingkungan.
-
Cara merawat tanaman di pot dengan benar:
- Penyiraman: Siram tanaman secara teratur, terutama saat cuaca panas. Perhatikan jenis tanamannya, ada yang membutuhkan banyak air dan ada yang sedikit.
- Pemupukan: Beri pupuk secara berkala untuk menyuburkan tanaman. Ikuti petunjuk penggunaan pupuk agar tidak berlebihan.
- Penyinaran: Letakkan tanaman di tempat yang terkena sinar matahari yang cukup, tetapi hindari sinar matahari langsung yang terlalu terik.
- Pemangkasan: Pangkas daun atau ranting yang kering atau layu agar tanaman tetap rapi dan sehat.
- Penggantian Pot: Jika tanaman sudah terlalu besar, ganti pot dengan ukuran yang lebih besar agar akarnya dapat berkembang dengan baik.
- Pembersihan: Bersihkan daun dari debu secara teratur agar tanaman dapat berfotosintesis dengan baik.
-
Pentingnya tumbuhan bagi lingkungan:
- Menghasilkan oksigen: Tumbuhan menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis, yang sangat penting bagi pernapasan manusia dan hewan.
- Menyerap karbon dioksida: Tumbuhan menyerap karbon dioksida, salah satu gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global.
- Mencegah erosi dan banjir: Akar tumbuhan menahan tanah sehingga mencegah erosi dan banjir.
- Menjaga kesuburan tanah: Daun dan ranting yang gugur menjadi humus yang menyuburkan tanah.
- Sebagai habitat hewan: Tumbuhan menjadi tempat tinggal dan sumber makanan bagi berbagai jenis hewan.
-
Contoh tumbuhan di sekitar rumah dan manfaatnya:
- Pohon mangga: Buahnya dapat dimakan, memberikan kesejukan, dan daunnya dapat digunakan sebagai pakan ternak.
- Pohon jambu: Buahnya dapat dimakan dan memberikan vitamin C.
- Tanaman hias mawar: Memberikan keindahan dan keharuman.
-
Jika melihat teman merusak tanaman:
- Saya akan menegur teman saya dengan sopan dan menjelaskan bahwa merusak tanaman itu tidak baik karena merugikan lingkungan dan orang lain.
- Saya akan menjelaskan manfaat tanaman bagi kehidupan dan mengapa kita harus merawatnya.
- Jika teman saya tidak mendengarkan, saya akan melaporkannya kepada guru atau orang dewasa lainnya agar diberi nasehat.
Soal-soal di atas dirancang untuk menguji pemahaman siswa secara komprehensif tentang materi "Tumbuhan di Sekitarku". Guru dapat menggunakan soal-soal ini sebagai bahan evaluasi untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dan memberikan tindak lanjut yang sesuai. Selain itu, soal-soal ini juga dapat digunakan sebagai bahan latihan bagi siswa untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian atau penilaian lainnya. Dengan pemahaman yang baik tentang tumbuhan di sekitar mereka, diharapkan siswa dapat lebih peduli dan bertanggung jawab dalam menjaga kelestarian lingkungan.