Contoh Soal Tematik Kelas 2 Tema 1 Subtema 3: Hidup Rukun di Sekolah

Tema 1 kelas 2 SD/MI adalah "Hidup Rukun," dan subtema 3 berfokus pada "Hidup Rukun di Sekolah." Subtema ini bertujuan untuk menanamkan pemahaman dan kesadaran kepada siswa tentang pentingnya menjaga kerukunan di lingkungan sekolah. Hal ini mencakup bagaimana berinteraksi dengan teman, guru, dan seluruh warga sekolah secara harmonis, saling menghormati, dan saling membantu.

Artikel ini akan menyajikan berbagai contoh soal tematik kelas 2 tema 1 subtema 3 yang mencakup berbagai mata pelajaran yang terintegrasi dalam pembelajaran tematik, seperti Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP, dan PPKn. Soal-soal ini dirancang untuk menguji pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari dan melatih kemampuan berpikir kritis mereka.

A. Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia dalam subtema ini berfokus pada pemahaman teks, penggunaan kalimat perintah, ungkapan permintaan maaf, dan kemampuan menulis sederhana.

Contoh Soal Tematik Kelas 2 Tema 1 Subtema 3: Hidup Rukun di Sekolah

Contoh Soal 1:

Teks:

Di kelas 2, siswa-siswi sedang membersihkan kelas. Dayu menyapu lantai, Beni membersihkan jendela, dan Siti merapikan meja. Semua bekerja sama dengan semangat. Setelah selesai, kelas menjadi bersih dan nyaman untuk belajar.

Pertanyaan:

  1. Siapa saja yang membersihkan kelas?
  2. Apa yang dilakukan Dayu saat membersihkan kelas?
  3. Mengapa mereka bekerja sama?
  4. Bagaimana keadaan kelas setelah dibersihkan?
  5. Tuliskan satu kalimat yang menunjukkan kerukunan dalam teks tersebut!

Kunci Jawaban:

  1. Dayu, Beni, dan Siti.
  2. Menyapu lantai.
  3. Agar pekerjaan cepat selesai dan kelas menjadi bersih.
  4. Bersih dan nyaman untuk belajar.
  5. Semua bekerja sama dengan semangat.

Contoh Soal 2:

Buatlah kalimat perintah berdasarkan gambar berikut: (Disertakan gambar anak yang sedang membuang sampah pada tempatnya)

Kunci Jawaban:

  • Buanglah sampah pada tempatnya!
  • Jagalah kebersihan lingkungan!

Contoh Soal 3:

Siti tidak sengaja menjatuhkan buku milik Beni. Buatlah kalimat permintaan maaf yang tepat diucapkan Siti kepada Beni!

Kunci Jawaban:

"Maafkan aku, Beni, aku tidak sengaja menjatuhkan bukumu." atau "Beni, maaf ya, aku tidak sengaja menjatuhkan bukumu. Apakah ada yang rusak?"

Contoh Soal 4:

Lengkapilah percakapan berikut:

Beni: "Siti, bisakah kamu ___ pensilku yang terjatuh?"

Siti: "Tentu saja, Beni. Ini pensilmu."

Kunci Jawaban:

Beni: "Siti, bisakah kamu membantuku mengambilkan pensilku yang terjatuh?"

Contoh Soal 5:

Tuliskan sebuah cerita pendek tentang pengalamanmu menjaga kerukunan di sekolah! (Minimal 5 kalimat)

Kunci Jawaban:

(Jawaban siswa akan bervariasi, contoh:)

Kemarin, aku melihat Rina kesulitan mengerjakan soal matematika. Aku mendekatinya dan menawarkan bantuan. Aku menjelaskan cara mengerjakan soal yang belum dia pahami. Setelah aku bantu, Rina akhirnya bisa mengerjakan soal itu. Rina sangat senang dan berterima kasih padaku. Aku senang bisa membantu temanku. Dengan saling membantu, kerukunan di kelas kami semakin terjaga.

B. Matematika

Matematika dalam subtema ini berfokus pada penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah, serta konsep bilangan ganjil dan genap.

Contoh Soal 1:

Di perpustakaan sekolah, terdapat 125 buku cerita dan 210 buku pelajaran. Berapa jumlah seluruh buku di perpustakaan tersebut?

Kunci Jawaban:

125 + 210 = 335

Jadi, jumlah seluruh buku di perpustakaan adalah 335 buku.

Contoh Soal 2:

Ibu guru membawa 35 permen untuk dibagikan kepada siswa. Jika setiap siswa mendapatkan 2 permen, berapa siswa yang akan mendapatkan permen?

Kunci Jawaban:

(Soal ini sebenarnya mengarah pada konsep pembagian, namun bisa diselesaikan dengan pengurangan berulang)

35 – 2 – 2 – 2 – 2 – 2 – 2 – 2 – 2 – 2 – 2 – 2 – 2 – 2 – 2 – 2 – 2 = 1

Ada 17 kali pengurangan 2 dari 35, dengan sisa 1. Jadi, ada 17 siswa yang mendapatkan 2 permen, dan sisa 1 permen. (Guru bisa memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai konsep sisa)

Contoh Soal 3:

Di lapangan sekolah, terdapat 45 siswa bermain sepak bola dan 23 siswa bermain basket. Berapa selisih jumlah siswa yang bermain sepak bola dan basket?

Kunci Jawaban:

45 – 23 = 22

Jadi, selisih jumlah siswa yang bermain sepak bola dan basket adalah 22 siswa.

Contoh Soal 4:

Lingkari bilangan ganjil pada kumpulan bilangan berikut:

12, 15, 20, 23, 28, 31, 36, 39

Kunci Jawaban:

15, 23, 31, 39

Contoh Soal 5:

Tuliskan 5 bilangan genap yang lebih besar dari 10 dan lebih kecil dari 30!

Kunci Jawaban:

12, 14, 16, 18, 20, 22, 24, 26, 28 (Pilih 5 di antaranya)

C. SBdP (Seni Budaya dan Prakarya)

SBdP dalam subtema ini berfokus pada pengenalan pola irama dan gerak dalam tari, serta membuat karya seni sederhana.

Contoh Soal 1:

Sebutkan 3 contoh gerakan tari yang bisa dilakukan di sekolah!

Kunci Jawaban:

  • Gerakan kepala menoleh ke kanan dan kiri.
  • Gerakan tangan melambai.
  • Gerakan kaki melangkah maju dan mundur.

Contoh Soal 2:

Apa yang dimaksud dengan pola irama dalam musik?

Kunci Jawaban:

Pola irama adalah susunan bunyi yang teratur.

Contoh Soal 3:

Sebutkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kolase dari biji-bijian!

Kunci Jawaban:

  • Kertas karton
  • Lem
  • Biji-bijian (misalnya: kacang hijau, kacang merah, jagung)
  • Pensil (untuk membuat sketsa)

Contoh Soal 4:

Gambarkan sebuah pemandangan sekolah menggunakan pensil warna! (Penilaian berdasarkan kreativitas dan kerapian siswa)

Contoh Soal 5:

Nyanyikan sebuah lagu anak-anak yang bertema persahabatan! (Penilaian berdasarkan intonasi dan artikulasi siswa)

D. PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)

PPKn dalam subtema ini berfokus pada pengamalan sila Pancasila di sekolah dan pentingnya hidup rukun.

Contoh Soal 1:

Sebutkan contoh perilaku yang mencerminkan sila pertama Pancasila di sekolah!

Kunci Jawaban:

  • Berdoa sebelum dan sesudah belajar.
  • Menghormati teman yang berbeda agama.
  • Tidak mengganggu teman yang sedang beribadah.

Contoh Soal 2:

Sebutkan contoh perilaku yang mencerminkan sila kedua Pancasila di sekolah!

Kunci Jawaban:

  • Menolong teman yang kesulitan.
  • Tidak membeda-bedakan teman.
  • Bersikap sopan kepada guru dan teman.

Contoh Soal 3:

Mengapa kita harus hidup rukun di sekolah?

Kunci Jawaban:

Agar suasana belajar menjadi nyaman dan menyenangkan. Dengan hidup rukun, kita bisa saling membantu, bekerja sama, dan menghindari pertengkaran.

Contoh Soal 4:

Apa yang harus kamu lakukan jika melihat temanmu bertengkar?

Kunci Jawaban:

Mencoba melerai mereka dengan baik-baik. Menasehati mereka agar berdamai dan menyelesaikan masalah dengan kepala dingin.

Contoh Soal 5:

Berikan contoh kegiatan di sekolah yang menunjukkan kerjasama dan kerukunan!

Kunci Jawaban:

  • Membersihkan kelas bersama-sama (piket kelas).
  • Mengerjakan tugas kelompok.
  • Bermain bersama di lapangan.
  • Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bersama-sama.

Kesimpulan:

Contoh-contoh soal di atas diharapkan dapat membantu guru dan orang tua dalam mengukur pemahaman siswa terhadap materi tema 1 subtema 3, yaitu "Hidup Rukun di Sekolah." Soal-soal ini mencakup berbagai aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang penting untuk ditanamkan kepada siswa agar mereka dapat menjadi individu yang rukun, toleran, dan bertanggung jawab di lingkungan sekolah maupun di masyarakat. Selain itu, penting untuk diingat bahwa pembelajaran tematik tidak hanya berfokus pada hafalan materi, tetapi juga pada kemampuan siswa untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. Guru dan orang tua dapat mengembangkan variasi soal lain yang lebih kreatif dan kontekstual agar proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan bermakna bagi siswa. Dengan demikian, diharapkan tujuan pembelajaran tematik dapat tercapai secara optimal.

Share your love

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *