Artikel: Mengupas Tuntas Contoh Soal IPS Kelas X Bab 3: Memahami Dinamika Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial

Pendahuluan

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah mata pelajaran yang esensial dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. IPS membekali siswa dengan pemahaman tentang masyarakat, interaksi sosial, lembaga sosial, budaya, ekonomi, dan sejarah. Di kelas X, bab 3 IPS biasanya berfokus pada dinamika interaksi sosial dan lembaga sosial. Bab ini krusial karena memberikan dasar bagi siswa untuk memahami bagaimana masyarakat berfungsi, bagaimana norma dan nilai terbentuk, serta bagaimana lembaga sosial berperan dalam mengatur kehidupan bermasyarakat.

Artikel ini bertujuan untuk memberikan contoh soal IPS kelas X bab 3 beserta pembahasan lengkap. Dengan memahami contoh soal ini, diharapkan siswa dapat lebih siap menghadapi ulangan, tugas, atau ujian yang berkaitan dengan materi interaksi sosial dan lembaga sosial.

Konsep-Konsep Kunci dalam Bab 3 IPS Kelas X

Artikel: Mengupas Tuntas Contoh Soal IPS Kelas X Bab 3: Memahami Dinamika Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial

Sebelum membahas contoh soal, mari kita tinjau kembali beberapa konsep kunci dalam bab ini:

  1. Interaksi Sosial: Proses saling mempengaruhi antara individu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok. Interaksi sosial adalah fondasi dari kehidupan bermasyarakat.
  2. Syarat Terjadinya Interaksi Sosial: Kontak sosial (hubungan timbal balik) dan komunikasi (penyampaian pesan).
  3. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Interaksi Sosial: Imitasi (meniru), sugesti (pemberian pandangan), identifikasi (menyamakan diri), dan simpati (merasakan perasaan orang lain).
  4. Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial:
    • Asosiatif: Kerja sama (cooperation), akomodasi (penyesuaian), asimilasi (peleburan budaya), akulturasi (penerimaan budaya tanpa menghilangkan budaya asli).
    • Disosiatif: Persaingan (competition), pertentangan/konflik (conflict), kontraversi (oposisi tanpa kekerasan).
  5. Lembaga Sosial: Sistem norma yang dibentuk untuk mengatur perilaku anggota masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok.
  6. Fungsi Lembaga Sosial:
    • Manifest (nyata): Fungsi yang diharapkan dan disadari.
    • Laten (tidak nyata): Fungsi yang tidak diharapkan atau tidak disadari.
  7. Jenis-Jenis Lembaga Sosial:
    • Lembaga Keluarga
    • Lembaga Agama
    • Lembaga Pendidikan
    • Lembaga Ekonomi
    • Lembaga Politik
  8. Ciri-Ciri Lembaga Sosial:
    • Memiliki simbol atau lambang.
    • Memiliki aturan atau norma tertulis maupun tidak tertulis.
    • Memiliki tujuan tertentu.
    • Relatif устойчивый (bertahan lama).
    • Memiliki alat kelengkapan atau fasilitas.

Contoh Soal dan Pembahasan

Berikut adalah beberapa contoh soal IPS kelas X bab 3 beserta pembahasan lengkap:

Soal 1:

Perhatikan pernyataan berikut:

  1. Seorang siswa meniru gaya berpakaian idolanya.
  2. Dua kelompok siswa bersaing dalam lomba cerdas cermat.
  3. Seorang ibu menghibur anaknya yang sedang sedih.
  4. Dua negara melakukan perjanjian perdagangan.

Pernyataan yang menunjukkan faktor sugesti dalam interaksi sosial adalah…

A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. Semua benar

Pembahasan:

  • Sugesti adalah proses pemberian pengaruh atau pandangan dari seseorang kepada orang lain, yang kemudian diterima tanpa kritik. Dalam pilihan di atas, tidak ada satupun yang murni sugesti. Nomor 3 lebih tepat ke simpati. Sehingga jawaban yang paling tepat adalah tidak ada pilihan yang benar.

Soal 2:

Proses sosial yang ditandai dengan usaha mengurangi ketegangan antara pihak-pihak yang bertikai disebut…

A. Asimilasi
B. Akomodasi
C. Kompetisi
D. Konflik
E. Kontraversi

Pembahasan:

  • Akomodasi adalah proses penyesuaian diri individu atau kelompok untuk meredakan pertentangan. Bentuk-bentuk akomodasi antara lain mediasi, arbitrasi, kompromi, dan toleransi. Jadi, jawaban yang tepat adalah B. Akomodasi.

Soal 3:

Berikut ini yang bukan merupakan fungsi laten lembaga pendidikan adalah…

A. Mempertahankan sistem kelas sosial
B. Menunda masa dewasa
C. Menciptakan pengangguran
D. Mengurangi pengendalian orang tua
E. Menyiapkan tenaga kerja terampil

Pembahasan:

  • Fungsi laten adalah fungsi yang tidak disadari atau tidak diharapkan dari suatu lembaga sosial. Fungsi manifest lembaga pendidikan adalah menyiapkan tenaga kerja terampil. Jadi, jawaban yang tepat adalah E. Menyiapkan tenaga kerja terampil.

Soal 4:

Perhatikan ciri-ciri berikut:

  1. Memiliki aturan tertulis dan tidak tertulis
  2. Memiliki simbol atau lambang
  3. Bersifat sementara
  4. Memiliki tujuan tertentu
  5. Tidak memiliki alat kelengkapan

Ciri-ciri lembaga sosial yang tepat ditunjukkan oleh nomor…

A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 2, 3, dan 5
D. 3, 4, dan 5
E. 1, 4, dan 5

Pembahasan:

  • Lembaga sosial memiliki ciri-ciri yang relatif устойчивый (bertahan lama), memiliki aturan, simbol, tujuan, dan alat kelengkapan. Jadi, jawaban yang tepat adalah B. 1, 2, dan 4.

Soal 5:

Perkawinan adalah contoh konkret dari fungsi lembaga…

A. Keluarga
B. Agama
C. Pendidikan
D. Ekonomi
E. Politik

Pembahasan:

  • Perkawinan adalah salah satu fungsi utama dari lembaga keluarga, yaitu reproduksi (melanjutkan keturunan) dan memberikan landasan hukum bagi hubungan antara suami dan istri. Jadi, jawaban yang tepat adalah A. Keluarga.

Soal 6:

Proses penerimaan unsur-unsur kebudayaan asing ke dalam suatu kebudayaan tanpa menghilangkan ciri khas kebudayaan asli disebut…

A. Asimilasi
B. Akulturasi
C. Imitasi
D. Identifikasi
E. Sugesti

Pembahasan:

  • Akulturasi adalah proses penerimaan unsur-unsur kebudayaan asing tanpa menghilangkan ciri khas kebudayaan asli. Contohnya adalah penggunaan bahasa asing dalam percakapan sehari-hari, namun tetap menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama. Jadi, jawaban yang tepat adalah B. Akulturasi.

Soal 7:

Konflik antara buruh dan pengusaha merupakan contoh interaksi sosial yang bersifat…

A. Asosiatif
B. Disosiatif
C. Akomodatif
D. Adaptif
E. Kooperatif

Pembahasan:

  • Konflik adalah bentuk interaksi sosial yang bersifat disosiatif, karena mengarah pada perpecahan atau pertentangan. Jadi, jawaban yang tepat adalah B. Disosiatif.

Soal 8:

Lembaga sosial yang berfungsi untuk mengatur sistem kepercayaan dan praktik keagamaan dalam masyarakat adalah…

A. Lembaga Keluarga
B. Lembaga Agama
C. Lembaga Pendidikan
D. Lembaga Ekonomi
E. Lembaga Politik

Pembahasan:

  • Lembaga agama memiliki fungsi untuk mengatur sistem kepercayaan dan praktik keagamaan dalam masyarakat. Jadi, jawaban yang tepat adalah B. Lembaga Agama.

Soal 9:

Contoh perilaku yang mencerminkan identifikasi adalah…

A. Seorang anak meniru gaya rambut artis idolanya.
B. Seorang siswa memberikan sumbangan kepada korban bencana alam.
C. Dua perusahaan bekerja sama untuk meningkatkan keuntungan.
D. Dua partai politik bersaing dalam pemilihan umum.
E. Seorang guru memberikan nasihat kepada siswanya.

Pembahasan:

  • Identifikasi adalah kecenderungan untuk menyamakan diri dengan orang lain atau kelompok lain. Dalam pilihan di atas, seorang anak meniru gaya rambut artis idolanya adalah contoh identifikasi. Jadi, jawaban yang tepat adalah A. Seorang anak meniru gaya rambut artis idolanya.

Soal 10:

Berikut ini yang merupakan contoh fungsi manifest lembaga ekonomi adalah…

A. Menciptakan lapangan kerja
B. Menunda usia pernikahan
C. Mempertahankan status quo
D. Menjadi ajang sosialisasi
E. Membentuk kepribadian

Pembahasan:

  • Fungsi manifest lembaga ekonomi adalah menciptakan lapangan kerja, menghasilkan barang dan jasa, serta mendistribusikan kekayaan. Jadi, jawaban yang tepat adalah A. Menciptakan lapangan kerja.

Kesimpulan

Memahami dinamika interaksi sosial dan lembaga sosial adalah kunci untuk memahami bagaimana masyarakat berfungsi. Melalui contoh soal dan pembahasan di atas, diharapkan siswa kelas X dapat lebih memahami konsep-konsep penting dalam bab 3 IPS. Dengan pemahaman yang baik, siswa akan lebih siap menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan sosial yang ada di sekitarnya.

Saran

Selain mempelajari contoh soal di atas, siswa juga disarankan untuk:

  • Membaca buku pelajaran dan materi pendukung lainnya.
  • Berdiskusi dengan teman atau guru.
  • Mencari contoh-contoh konkret interaksi sosial dan lembaga sosial di lingkungan sekitar.
  • Menganalisis berita atau artikel yang berkaitan dengan isu-isu sosial.

Dengan usaha yang sungguh-sungguh, siswa pasti dapat menguasai materi IPS dengan baik dan menjadi individu yang berkontribusi positif bagi masyarakat.

Share your love

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *