Tema 4 kelas 2 SD/MI mengangkat topik "Hidup Bersih dan Sehat." Subtema 3 secara spesifik memfokuskan pada "Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Bermain." Subtema ini bertujuan untuk menanamkan pemahaman dan kesadaran kepada siswa tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan di lingkungan tempat mereka bermain. Dengan lingkungan bermain yang bersih dan sehat, siswa dapat bermain dengan aman, nyaman, dan terhindar dari berbagai penyakit.
Artikel ini akan menyajikan contoh soal tematik kelas 2 tema 4 subtema 3, yang mencakup berbagai mata pelajaran seperti Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP, dan PJOK. Soal-soal ini dirancang untuk menguji pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari, serta melatih kemampuan berpikir kritis dan aplikatif.
I. Bahasa Indonesia
-
Bacalah teks berikut dengan cermat!
Di taman bermain, banyak anak-anak sedang bermain. Mereka bermain ayunan, perosotan, dan kejar-kejaran. Namun, di beberapa sudut taman, terlihat sampah berserakan. Ada bungkus makanan, botol minuman, dan kertas bekas. Lalat beterbangan di sekitar sampah. Udara di taman terasa kurang segar.
Ani dan teman-temannya merasa prihatin dengan kondisi taman bermain. Mereka berinisiatif untuk membersihkan taman. Mereka memungut sampah dan membuangnya ke tempat sampah. Mereka juga menyapu daun-daun kering yang berserakan. Setelah membersihkan taman, taman bermain terlihat lebih bersih dan nyaman. Anak-anak pun bisa bermain dengan lebih senang.
Pertanyaan:
a. Apa yang dilakukan anak-anak di taman bermain?
b. Mengapa Ani dan teman-temannya merasa prihatin?
c. Apa yang dilakukan Ani dan teman-temannya untuk mengatasi masalah tersebut?
d. Bagaimana perasaan anak-anak setelah taman bermain dibersihkan?
e. Tuliskan pesan yang dapat diambil dari teks di atas! -
Buatlah kalimat sederhana menggunakan kata-kata berikut yang berkaitan dengan kebersihan dan kesehatan di tempat bermain!
a. Sampah
b. Kebersihan
c. Tempat sampah
d. Sehat
e. Bermain -
Susunlah kata-kata berikut menjadi kalimat yang benar!
a. Bermain – kita – harus – tempat – bersih – di
b. Sampah – membuang – ke – tempat – kita – harus
c. Kuman – datang – dari – sampah – dapat -
Lengkapi kalimat berikut dengan kata yang tepat!
a. Kita harus menjaga taman bermain agar tetap bersih.
b. adalah sumber penyakit jika tidak dibersihkan.
c. Setelah bermain, kita harus mencuci _____ dengan sabun. -
Tuliskan 3 contoh kegiatan yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan di tempat bermain!

II. Matematika
-
Perhatikan gambar berikut!
(Sertakan gambar yang menunjukkan sejumlah benda, misalnya batu, daun, atau biji-bijian yang berserakan di taman bermain)
a. Hitunglah jumlah benda pada gambar tersebut!
b. Jika benda-benda tersebut dibagi menjadi 4 kelompok sama banyak, berapa jumlah benda di setiap kelompok? -
Selesaikan soal cerita berikut!
a. Di taman bermain, ada 25 anak yang sedang bermain. Jika 12 anak bermain perosotan dan sisanya bermain ayunan, berapa anak yang bermain ayunan?
b. Siti membawa 3 kantong berisi masing-masing 10 permen untuk dibagikan kepada teman-temannya di taman bermain. Berapa jumlah seluruh permen yang dibawa Siti? -
Tentukan bangun datar yang sesuai dengan ciri-ciri berikut!
a. Memiliki 3 sisi dan 3 sudut.
b. Memiliki 4 sisi sama panjang dan 4 sudut siku-siku.
c. Memiliki 4 sisi, 2 sisi panjang dan 2 sisi pendek, serta 4 sudut siku-siku. -
Hitunglah luas permukaan persegi panjang berikut!
(Sertakan gambar persegi panjang dengan panjang dan lebar yang diketahui)
-
Lanjutkan pola bilangan berikut!
a. 2, 4, 6, 8, …
b. 1, 3, 5, 7, …
c. 5, 10, 15, 20, …
III. SBdP
-
Sebutkan 3 contoh bahan alam yang dapat digunakan untuk membuat karya seni!
-
Jelaskan langkah-langkah membuat kolase sederhana dengan menggunakan daun-daun kering!
-
Buatlah gambar sederhana tentang suasana di taman bermain yang bersih dan sehat!
-
Identifikasi alat musik ritmis yang dapat digunakan untuk mengiringi lagu anak-anak tentang kebersihan!
-
Nyanyikan salah satu lagu anak-anak yang bertema kebersihan dan kesehatan!
IV. PJOK
-
Sebutkan 3 contoh gerakan dasar lokomotor yang dapat dilakukan di tempat bermain!
-
Jelaskan cara melakukan gerakan keseimbangan statis (misalnya berdiri dengan satu kaki)!
-
Sebutkan 3 contoh permainan tradisional yang dapat dimainkan di tempat bermain!
-
Jelaskan pentingnya melakukan pemanasan sebelum berolahraga atau bermain!
-
Tuliskan 3 contoh perilaku yang menunjukkan sikap sportif saat bermain dengan teman!
Kunci Jawaban (Contoh):
I. Bahasa Indonesia
- a. Bermain ayunan, perosotan, dan kejar-kejaran.
b. Karena melihat sampah berserakan di taman bermain.
c. Memungut sampah dan membuangnya ke tempat sampah, serta menyapu daun-daun kering.
d. Merasa senang karena taman bermain terlihat lebih bersih dan nyaman.
e. Kita harus menjaga kebersihan tempat bermain agar tetap nyaman dan sehat. - (Jawaban bervariasi, contoh:)
a. Sampah harus dibuang pada tempatnya.
b. Kebersihan lingkungan tempat bermain sangat penting.
c. Kita harus membuang sampah di tempat sampah.
d. Lingkungan yang bersih membuat kita sehat.
e. Kita senang bermain di taman yang bersih. - a. Kita harus bermain di tempat yang bersih.
b. Kita harus membuang sampah ke tempat sampah.
c. Kuman dapat datang dari sampah. - a. Kebersihan
b. Sampah
c. Tangan - a. Memungut sampah
b. Menyapu area bermain
c. Membersihkan peralatan bermain
II. Matematika
- a. (Tergantung gambar)
b. (Jumlah benda dibagi 4) - a. 25 – 12 = 13 anak
b. 3 x 10 = 30 permen - a. Segitiga
b. Persegi
c. Persegi panjang - (Panjang x Lebar)
- a. 10, 12
b. 9, 11
c. 25, 30
III. SBdP
- Daun kering, ranting, biji-bijian.
- (Deskripsi langkah-langkah pembuatan kolase)
- (Gambar suasana taman bermain)
- Tamborin, rebana, gendang.
- (Menyanyikan lagu)
IV. PJOK
- Berlari, melompat, meloncat.
- (Deskripsi cara melakukan gerakan keseimbangan)
- Engklek, petak umpet, lompat tali.
- (Penjelasan pentingnya pemanasan)
- Tidak curang, menerima kekalahan, menghargai teman.
Catatan: Kunci jawaban di atas hanya bersifat contoh. Guru dapat menyesuaikan kunci jawaban sesuai dengan tingkat pemahaman siswa dan materi yang telah diajarkan.
Soal-soal di atas merupakan contoh yang dapat digunakan guru sebagai referensi dalam menyusun soal ulangan harian, tugas, atau penilaian tengah semester. Penting untuk diingat bahwa soal-soal harus disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku dan tingkat kemampuan siswa. Selain itu, guru juga dapat mengembangkan soal-soal yang lebih kreatif dan inovatif, sehingga dapat memotivasi siswa untuk belajar dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis.
Dengan memberikan soal-soal yang relevan dan menarik, diharapkan siswa dapat lebih memahami pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan di tempat bermain, serta mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini akan menciptakan lingkungan bermain yang aman, nyaman, dan sehat bagi seluruh anak-anak.